Kamis, 17 Juni 2010

PELANTIKAN SEORANG PRAMUKA

Ini adalah suatu upacara yang dianjurkan untuk melantik seorang anak menjadi pramuka.
Pasukan Pramuka dibariskan dalam barisan tapal kuda. Pembina Pramuka dan Pembantu Pembina Pramuka berdiri di tempat yang terbuka. Calon Pramuka Penggalang Ramu dengan Pemimpin Regunya berdiri di dalam barisan di muka Pembina Pramuka, sementara Pembantu Pembina memegang tongkat dan tanda-tanda calon pramuka tersebut. Jika oleh Pembina Pramuka diperintahkan maju, maka Pemimpin Regu membawa calon itu ke tengah barisan.

Pembina Pramuka kemudian bertanya: "Tahukah kamu apa kehormatanmu?"
Calon itu menjawab: "Ya, itu berarti, bahwa aku dapat dipercaya serta jujur" (atau kata-kata lain yang sama artinya).
"Tahukah kamu Dasadarma Pramuka?"
"Ya"
"Bisakah aku percaya kepadamu atas kehormatanmu, bahwa kamu akan bersungguh-sungguh mengamalkan Janji Pramuka!". Kemudian Pembina itu mengucap Trisatya.
Calon itu kemudia memberi hormat dan menirukan mengucapkan Janji Pramuka (Trisatya) yang diucapkan oleh Pembina Pramuka, sementara seluruh anggota Pasukan Penggalang memberi hormat.
Pembina Pramuka: "Aku percaya kepadamu demi kehormatanmu, bahwa kamu akan menepati janji itu. Kamu sekarang adalah salah seorang dari Persaudaraan Pandu Sedunia."
Kemudian Pembina Pramuka Menyematkan lencana (badge) kepada Pramuka Penggalang Ramu yang telah dilantik dan Pembantu pembina Pramuka menyematkan topi dan tanda-tanda pramuka lainnya di pakaian seragamnya, serta memberikan tongkat pramukanya. Pembina Pramuka dan Pembantu Pembina Pramuka berjabatan tangan dengan pramuka yang baru dilantik itu, kemudia ia melihat ke sekeliling dan memberi salam kepada seluruh anggota Prasukan Penggalang dan dibalas oleh mereka dengan memberi salam pula. Pembina Pramuka mengucapkan kata "Kembali ke regumu, cepat". Pasukan memanggul tongkat; sementara Pramuka Penggalang yang baru dilantik tersebut dan Pemimpin Regunya kembali ke regunya.

Terus Menjadi Pramuka
Apabila kamu telah dilantik menjadi pramuka, kamu dapat mencapai tingkatan yang lebih tinggi lagi, ialah tingkatan Penggalang Rakit. Untuk maksud itu kamu harus belajar berbagai macam hal. Lencana (badge) Pramuka Penggalang Rakit hany berupa pita saja dengan Semboyan Pramuka.
Tak ada seorang pramuka pun yang mau lama menjadi Penggalang Rakit dan kamu tentau ingin menjadi Penggalang Terap secepat-cepatnya. Ini berarti bahwa kamu harus bekerja keras untuk mempelajari semboyan, membaca peta, memecahkan sandi, mengembara, memberi pertolongan pertama pada kecelakaan dan lain sebagainya. Lencana Pramuka Penggalang Terap terdiri atas ujung panah dan pita.
Kamu dapat mendapatkan Lencana Tanda kecakapan Khusus sesuai dengan minat dan bakatmu. syarat-syarat dan Tanda Gambar Kecakapan Khusus akan diterbitkan oleh Organisasi Pandu Nasional (National Scout Organization)mu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar